Uji Keamanan Yaris Heykers Sesuai Standar Jepang

Toyota New Yaris dan Yaris Heykers resmi meluncur di Indonesia. PT Toyota Astra Motor menjualnya seharga Rp228,3 juta hingga Rp277,3 juta, dengan status on-the-road Jakarta.

Meski terlihat lebih tinggi ketimbang mobil hatchback pada umumnya, namun Heykers diklaim tetap mengusung pengendalian dan keamanan khas mobil mungil tersebut.

Bahkan, Deputy Division Head Product Planning & Development TAM, Sutrimono menyatakan, Heykers telah memenuhi standar pengujian Toyota yang dilakukan di Jepang.  Ada dua pengetesan yang dilakukan di Negeri Sakura tersebut.

“Pertama, tes suspensi dengan mensimulasikan Heykers pada kondisi emergency escape. Mobil dipaksa melakukan manuver, dan hasilnya cukup stabil,” kata Sutrimono di Jakarta.

Baca Juga : Kapolda: Rizieq Tidak Masuk Dalam Kategori “Red Notice”

Jarak terendah ke tanah Heykers memang lebih tinggi 35 milimeter dibandingkan dengan Yaris biasa. Namun, performanya dianggap cukup stabil, sama seperti New Yaris.

“Itu karena Toyota bekerja sama dengan TRD Indonesia dalam mengembangkan suspensi khusus,” ujarnya.

Selain suspensi TRD, Haykers diklaim bisa stabil berkat penggunaan ban berukuran 16 inci, dengan profil 195/55.

Pengetesan kedua dilakukan untuk mendapatkan performa. Hasilnya, Hekyers dianggap mampu menjelajah jalur perkotaan maupun luar kota dengan aman dan nyaman.

Sekadar informasi, mesin New Yaris dan Yaris Heykers sama-sama dibenamkan mesin 2NR-FE berkapasitas 1.496cc dengan teknologi Dual VVT-I.

Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga 107 daya kuda dan torsi 140 Newton meter. Mesin tersebut disandingkan dengan transmisi manual lima percepatan atau CVT tujuh percepatan.

Support by : viva.co.id