MOSKWA – Vladimir Putin mengajak Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un untuk bertandang ke Rusia.

Putin juga mengemukakan apresiasinya atas pertemuan Kim dengan Presiden AS Donald Trump di Singapura, pada Selasa (12/6/2018) lantas.

Undangan serta animo itu di sampaikan Putin pada petinggi senior Korea Utara, Kim Yong Nam, yang bertandang ke Rusia, Kamis (14/6/2018).

Pada pemimpin seremonial Korea Utara ini, Putin memberikan pujian pada pertemuan bersejarah Kim Jong Un dengan Donald Trump sebagai suatu langkah maju menuju penyelesaian penuh.

” Tanpa ada diragukan ini adalah langkah pertama menuju penyelesaian keseluruhan. Karena pertemuan itu, peluang skenario terburuk sudah disingkirkan, ” kata Putin ditulis AFP.

” Serta telah pasti hal semacam itu sudah membuat suatu keadaan untuk perherakan jauh ke depan serta kurangi kemelut di lokasi Semenanjung Korea, ” imbuhnya.

Berkenaan undangan pada Kim Jong Un, Putin menyampaikan, dianya bakal sangatlah suka menyongsong pemimpin paling tinggi Korea Utara ini ke Rusia.

Putin merekomendasikan pertemuan dalam suatu komunitas ekonomi di kota pelabuhan timur, Vladivostok pada bln. September yang akan datang.

Kim Jong Un belum pernah sekalipun menjejakkan kakinya ke Rusia. Tidak sama dengan sang bapak, Kim Jong Il, yang pernah memakai kereta api lapis bajanya, menjumpai Presiden Rusia Dmitry Medvedev pada 2011.

Baca Juga : Hasil Piala Dunia 2018, Rusia Menang 5-0 atas Arab Saudi

Di deretan petinggi tinggi Rusia, baru Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov yang pernah berjumpa Kim Jong Un waktu bertandang ke Pyongyang pada akhir Mei lantas.

Sepanjang menjabat sebagai Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un tidak sering lakukan perjalanan ke luar negeri.

Selama ini Kim baru pernah berjumpa dengan Presiden China Xi Jinping, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in serta Presiden AS Donald Trump.