Nilai Penjualan Suvenir Asian Games Diharapkan Capai Rp 2 Miliar

JAKARTA, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, serta Perdagangan DKI Jakarta Irwandi menyebutkan, suvenir untuk Asian Games gagasannya mulai di jual pada Februari yang akan datang. Suvenir-suvenir itu juga akan di produksi oleh aktor usaha kecil menengah (UKM).

” Mulai Februari bila telah di produksi dapat di jual. Kami sekali lagi kurasi dahulu hingga pertengahan Januari, ” tutur Irwandi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (4/1/2018).

Irwandi mengemukakan, kurasi dikerjakan untuk melindungi kwalitas suvenir yang di produksi aktor UKM itu. Beberapa aktor UKM nanti juga akan menghasilkan suvenir-suvenir itu dengan bertahap.

Irwandi menyebutkan, suvenir-suvenir untuk Asian Games mulai di jual Februari dengan keinginan nilai penjualan menjangkau Rp 2 miliar.

Pemprov DKI Jakarta tidak mau mengulang saat penjualan suvenir waktu Sea Games yang sempit, yaitu cuma tiga minggu, hingga nilai penjualannya tidak maksimum.

” Jadi, bila Februari hingga Agustus (saat proses Asian Games), kan panjang tuch. Di Sea Games (nilai penjualan) Rp 800 juta. Kami berharap dalam Asian Games ini dapat menjangkau mungkin saja Rp 1, 5 miliar hingga Rp 2 miliar, ” kata Irwandi.

Baca Juga : Bila Persik Kendal Tandang, Suporter Akan Bisa Tonton lewat Videotron

Berkaca dari pengalaman waktu Sea Games, Irwandi mengatakan banyak pihak yang tertarik beli beragam suvenir arena pertandingan berolahraga itu, dari mulai atlet, official atlet, tamu mancanegara, sampai warga Indonesia sendiri.

Gagasannya, Pemprov DKI Jakarta juga akan buka stan di lokasi-lokasi supaya beberapa aktor UKM dapat jual suvenir yang diproduksinya, seperti di Cilandak Town Square (Citos), Pondok Indah Mall (PIM), gerai-gerai Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta, serta di venue-venue Asian Games.

Irwandi belum juga bisa meyakinkan harga jual tiap-tiap item suvenir yang di produksi aktor UKM. Tetapi, dia meyakinkan harga nya semakin lebih murah dibanding suvenir yang di produksi oleh Indonesian Asian Games Organizing Committee (Inasgoc).

” (Harga nya) juga akan terjangkau. Dibanding dengan harga yang di Inasgoc, kami lebih murah, tambah lebih murah, ” ucapnya.

Sekarang ini telah ada 250 aktor UKM yang juga akan menghasilkan suvenir-suvenir Asian Games memiliki ukuran enteng, seperti kaus, boneka, handuk, topi, selendang, serta yang lain, yang juga akan di jual spesial di Jakarta.

Mengenai Asian Games 2018 juga akan di gelar pada Agustus 2018. Asian Games juga akan di gelar di dua kota, yaitu Jakarta serta Palembang, Sumatera Selatan.

Support by : kompas.com