Negara-negara Arab Buka Nada atas Serangan AS serta Sekutunya ke Suriah

                DAMASKUS, Waktu sebagian besar pemimpin negara Barat mensupport serangan keras yang dilancarkan AS, Inggris serta Perancis pada Suriah, Jumat (13/4/2018) malam, reaksi berlainan diperlihatkan beberapa pemimpin negara-negara Arab.

AS dengan sekutunya sudah menembakkan lebih dari 100 misil ke tiga sarana militer Suriah yang dipercaya berkaitan dengan serangan senjata kimia di kota Douma di Ghouta Timur satu pekan terlebih dulu.

Presiden Donald Trump mengatakan serangan yang dilancarkan pada rezim Bashar al-Assad sudah jalan dengan lancar serta tentang semuanya website sebagai tujuan.

Negara-negara yang mensupport serangan AS ke Suriah salah satunya Israel, Kanada, Turki serta NATO.

Lalu bagaimana pandangan negara-negara Arab beda atas serangan militer AS serta sekutunya itu? Tersebut komentar beberapa negara Arab, ditulis dari The New Arab :

1. Qatar

Qatar jadi negara Teluk Arab pertama yang bereaksi pada serangan udara AS serta sekutunya ke Suriah.

Pernyataan resmi yang di sampaikan Kementerian Luar Negeri Qatar, Sabtu (14/4/2018) tunjukkan supportnya pada serangan yang mempunyai tujuan untuk hentikan pasukan rezim Assad memakai senjata kimia yang membahayakan warga sipil.

” Qatar mengemukakan supportnya pada AS, Inggris serta Perancis atas operasi militer yang membidik tujuan khusus rezim Suriah yang dipakai untuk memperlancar serangan pada warga sipil, ” catat pernyataan itu.

Baca Juga : Hasil Liga Inggris, Manchester City Menang di Kandang Tottenham

” Pemakaian senjata kimia oleh rezim Suriah yang tidak pandang bulu melawan warga sipil dengan meremehkan konsekwensi kemanusiaan serta hukum itu memerlukan aksi tegas selekasnya oleh komune internasional untuk membuat perlindungan rakyat serta menanggalkan senjata yang dilarang dengan internasioanl, ” lebih pernyataan itu.

2. Oman

Pemerintah Oman ikut mengemukakan supportnya pada aksi militer melawan instalasi militer Suriah.

” Oman mensupport argumen yang memicu ketentuan AS, Inggris serta Perancis dalam ambil aksi militer pada instalasi militer Suriah, ” catat pernyataan Kementerian Masalah Luar Negeri Qatar, Sabtu (14/4/2018).

3. Mesir

Kementerian Luar Negeri Mesir mengemukakan keprihatinannya atas serangan militer AS serta sekutunya yang dipandang sudah mencederai keselamatan rakyat Suriah dan meneror pemahaman yang sudah diraih tentang zone de-eskalasi.

4. Aljazair

Menteri Luar Negeri Aljazair, Ahmed Ouyahia, dengan tegas menyesalkan serangan yang dikerjakan ketika komune internasional tengah menanti hasil dari tim penyelidik berkaitan ada tidaknya pemakaian senjata kimia di kota Douma.

” Serangan-serangan itu juga akan membuat situasi yang memberatkan dengan negatif pada beberapa langkah penyelesaian krisis Suriah lewat jalur politik, ” katanya.

5. Irak

Kecaman berkaitan serangan AS juga di sampaikan Irak yang memperingatkan kalau serangan militer akan menyebabkan kembalinya pergerakan pemberontakan di lokasi Timur Tengah.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Irak, Ahmad Mahjoub menyebutkan, konsekwensi dari serangan militer juga akan meneror keamanan serta kestabilan lokasi itu.

” Serangan yang dikerjakan AS, Inggris serta Perancis yaitu perubahan yang begitu beresiko, yang juga akan berikan peluang meluasnya kembali terorisme yang sudah dihancuran di Irak serta didesak dari Suriah. ”

” Kami terasa cemas serta menyerukan selekasnya dikerjakannya jalan keluar politik yang penuhi masukan rakyat Suriah, ” katanya.

Support by : kompas.com