SPIELBERG – Marc Marquez memimpin gelaran GP Austria Minggu besok setelah menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi. Dua pebalap Ducati Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo mengikutinya di posisi kedua dan ketiga.

Gelaran GP Austria dimulai dengan sesi kualifikasi Sabtu (11/8/2018). Sesi kualifikasi pertama (Q1) terdapat nama Valentino Rossi dari tim Movistar Yamaha yang kesulitan sejak sesi latihan bebas.

Dalam cuaca Red Bull Circuit yang cerah, juara dunia tujuh kali tersebut kesulitan untuk mencatatkan waktu tercepat. Hingga pertengahan sesi Q1 Rossi berada di posisi ke enam.

Sesi Q1 ditaklukkan oleh pebalap Alvaro Bautisa dari tim Angel Nieto dan disusul oleh Alex Rins dari Suzuki Ecstar yang berhak melaju ke Q2. Rossi tidak ikut sesi Q2 dan harus puas start dari possi ke 14, di belakang Bradley Smith dari Red Bull KTM Factory. Hasil ini jadi hasil start terburuk Rossi sejak Phillip Island 2016 (15).

Sesi Q2 langsung dimulai dengan gebrakan Marquez yang melesat mencatat waktu 1 menit 23 detik. Lawan terkuat datang dari Lorenzo dan Andrea Iannone dari Suzuki yang beberapa lap sempat menjadi yang tercepat.

Dovizioso tidak tinggal diam. Ia menjadi yang tercepat 0,02 detik dari Marquez di pertengahan Q2. Namun tidak bertahan lama, Lorenzo langsung membalas dengan menjadi yang tercepat, selisih 0,125 dari Marquez.

Baca Juga : Ditanya soal Tawaran Jadi Timses Jokowi-Ma’ruf Amin, Ini Kata TGB

Setelah saling susul menyusul, Marquez tetap menjadi yang tercepat. Posisi start kedua diambil Dovi dan ketiga adalah Lorenzo.

Teman satu tim Rossi, Maverick Vinales berada di posisi 10. Hari yang berat untuk Yamaha dengan motor tercepat mereka dikendarai oleh Johan Zarco di posisi keenam.