JAKARTA – PT Bank Syariah Mandiri ( Mandiri Syariah) turut membiayai pembangunan jalan tol Kabupaten Pasuruan – Kabupaten Probolinggo selama 31,3 km.. Persetujuan itu tertuang dalam kesepakatan kerja sama sindikasi pada bank peserta sindikasi dengan PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol, group PT Waskita Karya (Persero) Tbk waktu lalu.

Dalam kerja sama ini, Mandiri Syariah bertindak menjadi inisiator dengan Fasilitas Multi Infrastruktur (SMI) menjadi Joint Mandated Lead Arranger & Bookrunner. Untuk project ini, Mandiri Syariah mengucurkan Rp 750 miliar.

Pembiayaan dikerjakan berbentuk sindikasi beberapa bank, yaitu Mandiri Syariah, SMI, BPD Jawa timur Syariah, Bank Mega Syariah, BJB Syariah pada PT Trans Jawa Paspro. Keseluruhan dana yang dialirkan sebesar Rp 2,29 triliun dari keseluruhan project Rp 3,8 triliun.

Direktur Wholesale Banking Mandiri Syariah Kusman Yandi menyampaikan, partisipasi Mandiri Syariah dalam projek ini ikut mensupport program Pemerintah dalam percepatan pembangunan infrastruktur lewat kerja sama sindikasi syariah.

“Sebagai bank syariah Buku III, Mandiri Syariah telah masuk dalam

proyek-proyek infrastruktur yang dibuat pemerintah,’’ tutur Kusman Yandi dalam keterrangan tercatat, Minggu (7/10/2018)..

Pembiayaan sindikasi ini memakai akad Line Facility-Musyarakah

Mutanaqishoh untuk investasi dalam periode waktu 15 tahun.

Tidak hanya jalan tol, Mandiri Syariah masuk juga ke projek pembangunan jalan raya, pelabuhan, industri perkeretaapian, elektrika, serta power plant. Hal itu, kata Kusman, adalah bentuk support Mandiri Syariah dalam percepatan pembangunan infrastruktur sebagai salah satunya program prioritas Pemerintah.

Baca Juga : Hasil Southampton Vs Chelsea, Hazard-Barkley Gemilang, Si Biru Menang

Kusman menyampaikan, Mandiri Syariah sudah bekerja bersama dengan grup PT. Waskita Karya (Persero) semenjak 2007. Dia mengharap Mandiri Syariah kembali berpeluang kerja sama untuk produk serta service layanan yang lain, termasuk juga pembiayaan consumer ke karyawan grup Waskita Karya.

“Mudah-mudahan kerja sama ini akan mempermudah mobilisasi penduduk serta tingkatkan rotasi perekonomian negeri,” kata Kusman.