HANOI – Timnas Vietnam berhasil melaju ke final Piala AFF 2018 setelah mengalahkan timnas Filipina dengan skor 2-1 pada leg kedua semifinal di Stadion My Dinh National, Hanoi, Vietnam, Kamis (6/12/2018).

Pada laga leg pertama di Stadion Panaad, Bacolod, Filipina, Vietnam berhasil menang dengan skor 2-1. Dengan demikian, Vietnam berhak melaju ke final Piala AFF 2018 karena unggul agregat gol 4-2 atas Filipina.

Vietnam akan menghadapi Malaysia dalam leg pertama final yang akan digelar pada Selasa (11/12/2018).

Di laga leg kedua semifinal ini, Vietnam meraih dua gol yang dicetak Nguyen Quang Hai pada menit ke-83 dan Nguyen Cong Phuong (87′). Sementara itu, gol tunggal Filipina dicetak James Younghusband.

Vietnam selaku tuan rumah bermain lebih percaya diri sejak babak pertama.

Baca Juga : Jika AS Keluar dari Perjanjian Nuklir, Rusia Sudah Siap Lomba Senjata

Hal itu terbukti dengan peluang dari tendangan Nguyen Trong Hoang pada menit ke-11 yang hampir mengancam gawang Filipina.

Walaupun menjadi tamu, Filipina terus menjajah pertahanan Vietnam. Hingga pada menit ke-25, Filipina hampir membuka keunggulan saat Stephan Schrock akan menerima umpan dari Reichelt. Namun, Scrhok gagal menggapai umpan itu.

Hingga babak pertama berakhir, skor masih bertahan 0-0 pada laga ini.

Pada babak kedua, akhirnya Vietnam membuka keunggulan pada menit ke-83 melalui gol Nguyen Quang Hai sehingga tuan rumah unggul 1-0.

Vietnam menambah keunggulan pada menit ke-87 menjadi 2-0 setelah Nguyen Chong Phuong melesatkan tendangan yang gagal diantisipasi kiper Filipina.

Namun, menjelang akhir laga, Filipina berhasil memperkecil kedudukan setelah James Younghusband berhasil mencetak gol pada menit ke-89.