SIDOARJO – Timnas U-19 Malaysia menang 4-3 atas timnas U-19 Indonesia pada pertandingan semifinal Piala AFF U-19 di Stadion Deltras Sidoarjo, Kamis (12/7/2018). Pemenang duel ditentukan lewat adu penalti.

Dengan demikian, Malaysia berhak tampil di final melawan Myanmar, yang mengalahkan sang juara bertahan, Thailand, dengan skor 1-0. Sementara itu, Indonesia harus puas memperebutkan posisi ketiga.

Adu penalti menjadi penentu setelah kedua tim bermain imbang 1-1 sepanjang 90 menit. Dalam adu penalti, hanya dua dari lima penendang Indonesia yang sukses membuat gol sedangkan tiga penenang Malaysia berhasil.

Gol Indonesia pada waktu normal dicetak Egy Maulana Vikri pada menit ke-2 melalui titik penalti. Sedangkan gol Malaysia dicetak oleh Syaiful Alias (14′).

Pada awal babak pertama, Indonesia sudah menekan pertahanan Malaysia. Hal itu terbukti dengan dilanggarnya Saddil Ramdani di kotak terlarang setelah 30 detik pertandingan berlangsung.

Egy Maulana yang menjadi eksekutor berhasil mencetak gol pada menit ke-2.

Namun, keunggulan Indonesia tidak bertahan lama. Selang 12 menit, Malaysia membalas melalui sundulan Syaiful Alias pada menit ke-14 lewat skema sepak pojok. Babak pertama berakhir dengan skor imbang 1-1.

Pada babak kedua, kedua tim menambahkan intensitas serangan.

Beberapa peluang dari Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, dan Syahrian Abimanyu, masih belum mengubah kedudukan hingga memasuki menit ke-60.

Egy Maulana kembali mendapatkan peluang emas pada menit ke-65 lewat tendangannya yang melambung tipis ke sisi kiri gawang Malaysia. Malaysia hanya mencoba melakukan serangan balik ke pertahanan Indonesia.

Tim Garuda Nusantara itu kembali mendapatkan peluang lewat tendangan bebas Todd Rivaldo pada menit ke-77, namun masih bisa ditangkap penjaga gawang Malaysia, Muhammad Azri.

Baca Juga : Sandiaga Ingin Bertemu Ahok dan Minta Beberapa “Advice”

Memasuki menit ke-88, Indra Sjafri menarik Egy dan memasukan Hanis Saghara demi menambah daya gedor lini depan. Namun tak ada gol yang tercipta sehingga skor tetap 1-1 dan adu penalti menjadi penentu.

Dalam drama tersebut, tiga penendang Indonesia gagal. Witan Sulaeman, Firza Andika dan hanis Sagahra tak mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Sementara itu hanya satu penendang Malaysia yang gagal mengeksekusi. Tembakan Zafuan Azeman bisa ditahan kiper Indonesia.