Didukung 3 Partai Politik, Pasangan Petahana Daftar ke KPU Maluku

          AMBON, Pasangan akan calon gubernur serta wagub Maluku, Said Assagaff- Anderias Rentanubun (Santun), Selasa (9/1/2018) sore mendaftar ke kantor Komisi Penentuan Umum (KPU) Propinsi Maluku di Jalan Sultan Hasanudin.

Pasangan petahana dengan jargon ” Santun ” ini mendaftar ke KPU berbekal support surat ketentuan dari tiga partai politik, yaitu Partai Golkar, PKS serta Partai Demokrat.

Waktu mendatangi kantor KPU Maluku, pasangan ini turut didampingi pimpinan partai pengusung dan beberapa tim suskes dan tim pemenangan.

Berdasar pada pantauan Kompas. com, setibanya di kantor KPU Maluku, pasangan ” Santun ” dengan rombongan segera bergegas menuju aula kantor KPU yang ada di lantai dua. Mereka lantas menyerahkan dokumen berkas pencalonan sesudah dengarkan keterangan dari Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun.

Dokumen prasyarat pencalonan serta prasyarat calon yang diserahkan itu lalu di check satu persatu oleh komisioner KPU. Waktu kontrol dikerjakan, satu diantara prasyarat calon punya akan calon wagub tidak tercukupi, yaitu surat info dari pengadilan masalah tidak tengah dicabut hak politik, yaitu diambil serta pilih.

Baca Juga : Khofifah Mundur dari Jabatan Menteri Setelah Penetapan Calon Gubernur Jatim

Pernah berlangsung adu alasan pada tim pemenangan serta pihak KPU, tetapi KPU tetaplah berpatokan pada ketetapan, yaitu prasyarat calon mesti bisa dipenuhi.

“Sesuai ketetapan yang berlaku prasyarat calon mesti bisa dipenuhi, baru sinyal terima dapat kami beri. Karna ini tidak cuma masalah tehnis tapi ada konsekwensi hukumnya, ” kata Kepala Divisi Hukum KPU Maluku, Almudtatsir Sangadji memberi keterangan pada tim Santun.

Waktu itu, ketua KPU Maluku lalu tunda sistem pendaftaran sepanjang 30 menit serta memberi peluang pada pasangan ” Santun ” untuk lengkapi kekurangan berkas calon. Setelah itu sistem pendaftaran kembali dikerjakan sesudah tim pemenangan ” Santun ” memasukan dokumen yang kurang.

Pada waratwan selesai mendaftar, Said Assagaff mengakui optimis juga akan kembali dipilih jadi gubernur Maluku untuk ke-2 kalinya.

“Saya yakin sekali, juga akan kembali dipilih karna rakyat menilainya apa yang saya lakukan sekarang ini, ” katanya.

Support by : kompas.com