LUWU UTARA – Tes seleksi kompetensi basic (SKD) calon pegawai negeri sipil ( CPNS) di Kabupaten Luwu Utara cuma melepaskan enam orang. Walau sebenarnya, peserta yang tercatat sampai 1.078.

Ke-enam peserta ini lolos sesudah nilai tesnya penuhi ujung batas (passing grade) yang telah diputuskan.

Jumlahnya peserta yang lolos kompetensi basic masih tetap begitu jauh dari kepentingan CPNS di Luwu Utara. Susunan CPNS Luwu Utara sejumlah 89.

Kepala Tubuh Kepegawaian serta Peningkatan SDM (BKPSDM) Luwu Utara, Nursalim Ramli menjelaskan jika passing grade telah ditata Ketentuan Menteri Pendayagunaan Perangkat Negara serta Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Nomer 37 tahun 2018 mengenai Nilai Ujung Batas Seleksi Kompotensi Basic Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

“Selama tidak ada pergantian kebijaksanaan untuk turunkan passing grade, jadi yang lulus cuma itu saja,” katanya Ramli waktu di konfirmasi Minggu (4/11/2018).

Ramli mengharap, ada kebijaksanaan lainnya dari Kemenpan. Contohnya, membuat revisi turunkan passing grade yang tertera di Permenpan nomer 37/2018 dengan turunkan passing grade.

“Atau jika dapat passing grade ini di hilangkan, hingga kelulusan berdasar pada ranking saja,” kata Ramli.

Proses seleksi kompetensi basic akan selesai pada 17 November 2018. Sesudah itu, kata Nursalim, peluang deretan BKPSDM akan mengadakan pertemuan untuk mengulas hasil SKD.

“Kita lihat perubahannya, sekalian menanti kebijaksanaan apakah yang dikeluarkan Kemenpan selesai kelarnya SKD pada 17 November yang akan datang,” katanya.

Ramli menjelaskan, bisa saja ada kebijaksanaan lainnya berkaitan keadaan ini. Akan tetapi, terlebih dulu, pihaknya akan lihat apakah sebagai pemicu sekurang-kurangnya peserta yang lolos.

Baca Juga : Harapan Ibunda Bocah “Komentator MotoGP” untuk Anaknya…

“Pemicu semuanya sebab passing grade yang sangat tinggi, mungkin saja aspek masalah yang susah atau mungkin memang sebab SDMnys. Jika memang benar ada kebijaksanaan, ya mungkin passing grade ini yang kita berharap di turunkan. Karena itu, mari kita bersabar menanti,” katanya.

Dalam SKD, ada tiga segi yang ditest, yaitu Tes Karakter Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), serta Tes Wacana Berkebangsaan (TWK), dengan passing grade TKP 143, TIU 80, serta TWK 75.