JAKARTA – Perjalanan melewati jalan tol dari Binjai ke Medan saat ini dapat dilewati cuma dalam hitungan menit. Sekurang-kurangnya tersebut kesaksian yang disibakkan oleh seseorang pemakai jalan tol berbarengan keluarganya pada Kamis (14/6/2018) sore.

“Masuk dari Gerbang Tol (GT) Binjai pukul 15. 32, keluar di GT Helvetia pukul 16. 02. Hanya seputar 10 menit, ” tutur Ni Luh Kadek Pertiwi pada Kompas. com.

Dia menyampaikan, cost perjalanan yang perlu dibayar yakni Rp 9. 450 di GT Helvetia. Keadaan jalannya mulus dan telah dilengkapi dengan rambu dan panduan jalan.

Di selama jalan, ucapnya, tampak hamparan perkebunan kelapa sawit dan sayuran. Tetapi, lampu penerangan jalan masih tetap tidak sering didapati di sebagian ruas jalan.

“Jadi peluang bila malam sepertinya akan gelap banget, ” kata Kadek.
Gerbang Tol (GT) Helvetia yang disebut sisi dari ruas tol Binjai-Medan, waktu dilintasi pada Kamis (14/6/2018).

Gerbang Tol (GT) Helvetia yang disebut sisi dari ruas tol Binjai-Medan, waktu dilintasi pada Kamis (14/6/2018). (Ni Luh Made Pertiwi)

Pada awal mulanya di beritakan, sesudah Binjai-Helvetia, ruas tol setelah itu yakni Helvetia-Marelan. Pelaksanaan ruas itu diinginkan usai pas saat.

Apabila ruas Helvetia-Marelan telah siap digunakan, jadi pelaksanaan selanjutnya yakni ruas Marelan-Tanjungmulia selama 4 km..

Itu adalah sisi dari pembangunan Jalan Tol Medan-Binjai yang ditangani oleh PT Hutama Karya (Persero).

Menurut pemimpin proyek, Hestu Budi Husodo, di selama Tol Medan-Binjai, selama ini ruas yang telah beroperasi yakni ruas Binjai-Helvetia.

Tetapi, masih tetap ada beberapa yang belum rampung, yaitu ruas Helvetia-Tanjungmulia selama 7 km..

Baca Juga : Arjen Robben dan Keluarga Kunjungi Labuan Bajo

Saat sebelum dinyatakan layak untuk dilintasi, ruas tol itu mesti dilihat oleh Tubuh Pengatur Jalan Tol (BPJT) untuk meyakinkan keadaannya layak manfaat dan layak operasional.

” Selalu kami kebut pembangunan ruas-ruas ini, targetnya saat sebelum Lebaran-lah, ” papar Hestu