Anies-Sandi Minta Pengertian PKL supaya Teratur Mendekati Ramadhan

                 JAKARTA, Masuk bln. Ramadhan, Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno akan ditempatkan dengan menjamurnya pedagang kaki lima (PKL) di sentral-sentral perekonomian di Jakarta.

Satu diantara kiat pengaturan yang akan diaplikasikan, dengan menggilir mereka bertukaran tempati beberapa lokasi strategis itu.

” Saya katakan mohon kesadaran semuanya pihak bila kita menginginkan mendatangkan keberadilan, kesetaraan pada semuanya pedagang, ” kata Sandiaga di Balai Kota, Selasa (15/5/2018) malam.

Sandiaga memohon supaya beberapa pedagang serta orang-orang ingin terima rencana pengaturan ini.

Prinsipnya, ia menginginkan beberapa pedagang dapat berjualan, namun tidak menginginkan pejalan kaki serta pengendara direpotkan dengan keruwetan.

” Alangkah sebaiknya bila mereka juga terbuka pada rencana pengaturan ini. Janganlah katakan tidak dahulu. Kita saksikan kelak serta kita cobalah dalam tryout systemnya seperti pilot project itu, ” tutur Sandi.

Baca Juga : Bawa Kaus ” 2018 Asik Menang, 2019 Ubah Presiden “, Asik Dituntut Minta Maaf

Selama ini, telah ada dua lokasi yang diusulkan jadi pilot project. Sandiaga menyebutkan pihaknya telah mengerahkan Dinas Koperasi, Usaha Kecil serta Menengah, serta Perdgaangan (KUKMP) dan beberapa Wali Kota untuk mendata PKL.

Kepala Dinas KUKMP Irwandi mengaku masuk Ramadhan, pedagang musiman dari beragam lokasi di Jakarta telah mulai memadati titik strategis seperti Tanah Abang.

” Tanah Abang depan stasiun orang sekali lagi booming, hingga Sabtu tempo hari ingin jalan saja sulit tidak gerak. Mereka ini semakin banyak pedagang kambuhan istilahnya, ” kata Irwandi.

Irwandi menyebutkan dibawah Anies-Sandi tidak ada sekali lagi langkah membenahi PKL dengan penindakan. Ia menyebutkan selama ini pihaknya telah lakukan pendekatan-pendekatan supaya mereka dapat teratur.

” Jangan pernah sangat tempati trotoar gila-gilaan, juga pedagang teratur serta menghormati pejalan kaki, ” tutur dia.

Support by : kompas.com